Resep Cara Membuat Creme Caramel yang Sempurna dan Lumer Banget


 https://likedanshareya.blogspot.com/2017/12/resep-cara-membuat-creme-caramel-yang.htm

Assalamu'alikum...
CRÈME CARAMEL .
Coba bikin dessert klasik asal Perancis ini, yuk! Perpaduan yang sempurna antara citarasa karamel yang bitter-sweet dengan lembutnya custard akan membuat hati ayem tentrem dan adem... .cocok banget buat cemilan di rumah bunda.dan cuman mengigatkan kembali hati hati ya dalam pembuatan nya biar bisa maksimal.

Resep Cara Membuat Creme Caramel yang Sempurna dan Lumer Banget

Bahan:
* Karamel: 160 gr gula pasir
* 8 sdm air
* Mentega untuk mengolesi ramekin
Custard:
* 4 telur
* 1 sdt ekstrak vanila
* 35 gr gula pasir
* 600 ml susu cair
* 1 sdm tepung maizena .
Untuk 6-8 porsi

Cara Membuat:
1. Buat karamel. Campur gula dan air pada panci. Aduk hingga gula larut. Panaskan dengan api kecil hingga mendidih dan terbentuk karamel dengan warna kecokelatan (awasi jangan sampai gosong). Matikan api. Tuang karamel pada tiap ramekin / wadah keramik tahan oven. Biarkan hingga karamel mengeras.

2. Panaskan oven 150 Celcius. Olesi ramekin dengan sedikit mentega, kemudian atur pada baking tray.

3. Buat custard. Panaskan susu dan maizena dengan api kecil hingga cukup panas (jangan sampai mendidih). Angkat dan matikan api. Masukkan telur. Kocok hingga tercampur rata. Tambahkan gula dan vanila. Aduk hingga merata dan tidak ada gumpalan. Tuang larutan custard di atas karamel pada ramekin. Masukkan ramekin beserta baking tray ke dalam oven. Tuang air panas dengan hati-hati pada baking tray hingga 1/2 permukaan ramekin. Panggang dengan sistem au bain marie selama 25-30 menit hingga custard set. Jangan memanggang terlalu lama agar custard tetap lembut dan tidak pecah. Matikan oven.

4. Letakkan créme caramel pada suhu ruang hingga uapnya hilang. Kemudian simpan dalam kulkas 4 jam atau semalaman agar set. Ketika akan disajikan, balikkan créme caramel dengan hati-hati pada piring saji.